Menuju Pelayanan Kesehatan Unggul, Dinkes Kaltim Segera Tingkatkan Rumah Sakit di IKN

Divisi.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sedang melakukan peningkatan fasilitas kesehatan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Di kawasan Sepaku saat ini hanya memiliki satu Rumah Sakit kelas D dan lima Puskesmas.

“Kami terus melakukan perbaikan pada fasilitas kesehatan di sana, terutama menjelang kedatangan IKN. Rumah Sakit kelas D diharapkan dapat ditingkatkan menjadi kelas C,” ujar Kepala Bidang Fasyankes Dinas Kesehatan Kaltim, Dr. Rony Setiawati, Selasa (10/10/2023).

Pemerintah daerah tidak hanya mengandalkan Kementerian Kesehatan, tetapi juga mengalokasikan anggaran untuk mendukung rumah sakit di IKN melalui program Major Project.

“Major project adalah inisiatif dari Gubernur Kaltim, Isran-Hadi, yang bertujuan meningkatkan kualitas fasilitas kesehatan,” jelasnya.

Anggaran sebesar Rp10 miliar telah disiapkan untuk sarana prasarana di seluruh Kaltim dari tahun 2024 hingga 2026. Namun, terdapat kekurangan dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM) untuk daerah IKN. Selain itu, fasilitas seperti tempat tidur pasien rumah sakit juga belum mencukupi, tetapi akan ditingkatkan sebelum tahun 2024.

“Dinkes Kaltim berkomitmen untuk memastikan ketersediaan SDM dan pemenuhan sarana prasarana sebelum waktu yang ditentukan,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *