Divisi.id – Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan imbauan kepada pengelola destinasi wisata untuk memperhatikan keselamatan pengunjung terutama saat terjadi lonjakan pengunjung.
Kepala Dispar Kaltim, Ririn Sari Dewi, menyatakan bahwa pengelola destinasi wisata harus memastikan bahwa sarana dan peralatan di destinasi tersebut aman, dan meningkatkan kewaspadaan serta kesiapsiagaan petugas.
Ririn juga menekankan pentingnya pelayanan yang maksimal kepada pengunjung dengan menyediakan fasilitas yang memadai seperti toilet, tempat makan, dan area istirahat.
“Kami meminta pengelola destinasi wisata di Kaltim untuk melengkapi fasilitas dan menambah jumlah petugas di setiap destinasi, guna memastikan kelancaran operasional dan kenyamanan para pengunjung,” ucap Ririn, Sabtu (13/04/2024).
Kemudian, Ririn menyoroti pentingnya kebersihan dan ketertiban di destinasi wisata dengan mendorong pengelola untuk menjaga kebersihan dan kerapihan area wisata serta menghindari sampah dan kotoran.
Dispar juga menggalakkan kerja sama antara pengelola destinasi wisata dengan berbagai lembaga terkait seperti PHRI, kepolisian, Forum Pramuwisata, dan Dinas Kesehatan.
Kerja sama tersebut bertujuan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung.
Lebih Lanjut, Ririn juga menekankan perlunya pendataan pengunjung secara berkala oleh pengelola destinasi.
“Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, diharapkan libur Lebaran tahun ini dapat berjalan lancar, aman, dan nyaman bagi para pengunjung destinasi wisata di Kaltim,” pungkasnya.