Peringatan HKN ke-59, Akmal Malik Resmikan Program Kesehatan Unggulan di Kota Balikpapan

Divisi.id – Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, resmi melakukan peluncuran program kesehatan unggulan bertepatan dengan peringatan HKN ke-59 di Gedung Kesenian Balikpapan, Minggu (12/11/2023).

Program pertama yang diperkenalkan adalah vaksinasi Demam Berdarah Dengue (DBD).

Akmal menerangkan bahwa tujuan utama dari program tersebut adalah memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat dari penyakit yang berpotensi mengancam jiwa.

“Program ini adalah bukti konkret komitmen kita untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari ancaman penyakit menular,” ucapnya.

Kemudian, program kedua yang diumumkan adalah deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan urine dengan Metode PCR HPV-DNA, sebagai upaya proaktif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan dan deteksi dini penyakit yang seringkali tidak menunjukkan gejala awal.

Akmal menyebutkan bahwa prestasi pemerintah daerah meraih Universal Health Coverage (UHC) sebagai pengakuan terhadap komitmen dalam memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan bagi warganya.

“Ini menegaskan bahwa program-program kesehatan di Kaltim mendapat pengakuan langsung dari pemerintah pusat,” ungkapnya.

Akmal mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kesehatan sebagai landasan kokoh dalam mencapai tujuan bersama.

Ia juga bahwa transformasi kesehatan harus bersifat menyeluruh dan berkelanjutan, melibatkan penyembuhan penyakit, pencegahan, promosi kesehatan, dan peningkatan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan berkualitas.

“Saya yakin bahwa Kota Balikpapan, bersama daerah lain di Kaltim, telah dan akan terus berkomitmen untuk membuat perubahan positif dalam sektor kesehatan, termasuk mendukung kelangsungan proyek IKN di Kaltim. Penguatan kesehatan harus dilakukan melalui peningkatan fasilitas kesehatan, pelatihan tenaga medis, serta program-program inovatif yang mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat,” bebernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *