RS Mata Kaltim Mulai Beroperasi, Dukungan Penuh dari Dinkes Kaltim

Divisi.id – Gedung Rumah Sakit Mata Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Kota Samarinda, yang terdiri dari 5 lantai telah diresmikan pada Juni 2023 oleh Gubernur Kaltim Isran Noor.

Rumah Sakit tersebut kini secara bertahap beroperasi dengan menyediakan berbagai fasilitas, termasuk Unit Gawat Darurat (UGD), layanan rawat jalan, rawat inap, ruang operasi, dan perkantoran di lahan seluas 6.000 meter persegi.

Dinas Kesehatan Kaltim terus memantau dan mendukung Rumah Sakit Mata, dengan izin operasional sudah diterbitkan oleh Pemerintah Kota Samarinda.

“Rumah Sakit Mata telah berjalan, sebagian besar sudah pindah bertahap, termasuk izin operasional yang baru juga sudah terbit dari Pemkot Samarinda,” ujar Kepala Dinkes Kaltim, Jaya Mualimin, Jumat (27/10/2023).

RS Mata Kaltim juga menjalin kerjasama dengan RS Mata di Bandung untuk pemenuhan tenaga medis dan tindakan medis tertentu.

“Ada kegiatan yang belum bisa dilaksanakan maka kita meminta dukungan dari Rumah Sakit Mata Pusat di Bandung,” ucapnya.

Pembangunan RS Mata dilengkapi dengan fasilitas modern, bertujuan menjadi sarana kesehatan khusus untuk pelayanan mata di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Lebih lanjut, Dinkes Kaltim terus memberikan dukungan operasional kepada rumah sakit lain di bawah naungannya, termasuk RSUD Salehuddin 2 yang diharapkan segera beroperasi sepenuhnya.

“Kita terus mendukung dari bidang program, SDM, fasilitas alat kesehatan, serta anggaran. Untuk RSUD Salehuddin 2 itu, gedungnya belum bisa dipakai walau sudah diresmikan Pak Gubernur. Jadi, kita masih di gedung yang lama, jika sudah diserahkan artinya 100 persen berarti bisa operasional,” bebernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *