Transformasi Digital Dinkes Kaltim, Srikandi Gantikan SIDA 2024 Mendatang

Divisi.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Timur (Kaltim) berencana untuk mengganti aplikasi Sistem Informasi Digital Administrasi (SIDA) dengan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) pada bulan Januari 2024 mendatang.

Dinkes Kaltim sebelumnya telah menggunakan aplikasi SIDA untuk mengelola kearsipannya. SIDA merupakan implementasi dari Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang mengubah sistem administrasi tata naskah Dinas dari konvensional menjadi digital.

Penerapan SIDA telah dilakukan pada tahun 2021 di berbagai dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim secara aktif melakukan sosialisasi terkait penggunaan aplikasi Srikandi sebagai upaya meningkatkan efisiensi pengarsipan dan administrasi pemerintahan di Kaltim.

Aplikasi Srikandi diwajibkan digunakan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Aplikasi tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Jaya Mualimin menyatakan bahwa pihaknya akan segera mengadopsi aplikasi Srikandi untuk sistem pelayanan kearsipan.

“Mudah-mudahan bulan Januari kita sudah menggunakan Srikandi ya. Karena ini kan transformasi dari SIDA. Kita masih menggunakan SIDA,” ucap Jaya, di Gor 27 September, Senin (13/11/2023).

Srikandi bertujuan untuk menciptakan kelancaran dalam persyaratan dan pengarsipan secara elektronik, efektif dalam penyelenggaraan pemerintahan, serta mampu memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara terintegrasi, tercatat pada pusat data nasional.

“Kita berharap Srikandi dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan mempercepat akses terhadap pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *