Upacara HKN ke-59, PJ Gubernur Tekankan Akselerasi Digital untuk Kualitas Kesehatan yang Menyeluruh

Divisi.id – Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan dan dilaksanakan di GOR 27 September Universitas Mulawarman, Senin (13/11/2023).

Penjabat Gubernur, Akmal Malik membacakan pesan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dengan tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju.”

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan menetapkan enam pilar transformasi, termasuk perubahan layanan primer dari pengobatan ke pencegahan, kemudahan akses layanan rujukan, dan mandiri dalam sistem ketahanan kesehatan.

Pilar lainnya melibatkan transformasi pembiayaan, sumber daya manusia, dan teknologi kesehatan.

Akmal menekankan pentingnya akselerasi digital dalam pendataan kesehatan dan meningkatkan sarana prasarana kesehatan.

“Kolaborasi dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, stakeholder swasta dan lainnya dapat bersama-sama melangkah maju baik untuk SDM maupun sarana prasarana kesehatan, Akselerasi Data Digital menjadi penting, serta seluruh pilar yang tadi disampaikan adalah haluan kita bersama untuk mewujudkan Kesehatan yang berkualitas dan menyeluruh,” papar Akmal.

Sehubungan dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Provinsi Kaltim, disertai dengan pemberian penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota terbaik dalam menjalankan 8 (delapan) aksi konvergensi untuk mengurangi stunting.

Penghargaan tertinggi diraih oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara, disusul oleh Pemkab Paser sebagai peringkat kedua, dan Pemerintah Kota Balikpapan sebagai peringkat ketiga.

Selain itu, penghargaan diberikan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota terbaik dalam penurunan stunting, perangkat daerah yang menerapkan Kawasan Tanpa Rokok, dan Tenaga Kesehatan Teladan di Kaltim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *